Sering Update Status, Wanita Makin Kesepian


Media sosial Facebook sering menjadi tempat curhat bagi sejumlah penggunanya, terutama wanita. Hal itu sah-sah saja mengingat pengguna memang memiliki kuasa penuh pada akunnya. Namun sebuah penelitian dari Charles Sturt University, Masons, New South Wales, Australia, menemukan bahwa wanita yang sering meng-update status di media sosial adalah mereka yang kesepian. (Baca: Facebook Akan Hapus Pesan Kebencian pada Perempuan).



Dalam sebuah penelitian berjudul "Self-disclosure on Facebook Among Female Users and Its Relationship to Feelings of Loneliness", peneliti ingin menekankan betapa sulitnya menjadi manusia dalam kehidupan sosial. Di tengah keramaian dan aktivitas, ternyata masih ada orang yang merasa kesepian. Akhirnya, Facebook menjadi media untuk mengeluarkan unek-unek.

Peneliti melakukan pemantauan pada 616 wanita di Facebook untuk beberapa waktu. Dari pemantauan tersebut, peneliti menemukan bahwa semakin banyak status yang dibagikan, maka wanita itu sebenarnya semakin kesepian. 

"Mungkin mereka berpikir di luar sana ada seseorang yang akan menyukai saya dari status ini. Atau, setidaknya ada yang nasibnya seperti saya," kata penulis penelitian, seperti dilaporkan CNET, Senin, 26 Mei 2014. 

Peneliti juga menemukan bahwa wanita lebih cenderung mengungkapkan perasaan di Facebook karena di sanalah "sarang" aktivitas sosial orang-orang. Mereka berharap, dengan curhat di Facebook, akan terhubung dengan teman atau orang asing yang mengerti dan mendengar apa yang mereka rasakan.

Demikian info dari kami Semoga bermanfaat bagi anda.

 Terima kasih                                Bom-Bom-Car   ( ^.^ )

Leave a Reply