TIPS Menghindari Makanan Saat Ibu HAMIL


Penting bagi seorang ibu hamil mengonsumsi makanan sehat untuk kesehatan dirinya dan bayi dalam kandungannya.

Nah ada sejumlah makanan yang sebaiknya dihindari ibu hamil, seperti:

1. Daging mentah

Ibu hamil hindari makanan yang tak dimasak mulai dari makanan laut, daging, atau unggas. Makanan mentah bisa saja terkontaminasi bakteri coliform, parasit toksoplasma, dan salmonella. Bahkan bakteri salmonella bisa mengakibatkan keguguran.

2. Seafood yang diawetkan dengan pemanggangan

Makanan laut alias seafood yang diawetkan dengan cara dipanggang atau dibekukan dapat mengandung bakteri listeria. Ibu hamil dapat menyantap seafood yang dimasak dengan benar.

3. Soft cheese

Hard cheese, seperti keju asal Swiss, terbuat dari olahan susu yang dimasak. Jadi teskturnya lebih keras.

Sedangkan soft cheese adalah keju dengan tekstur yang sangat lunak. Keju jenis itu dibuat tidak melalui proses pematangan alias pasteurisasi. Sehingga bakteri E-Coli dan listeria bisa saja terbawa di dalamnya.

4. Susu yang tidak melalui proses pasteurisasi

Susu yang tak melalui proses pematangan dapat mengandung bakteri listeria. Bakteri itu dapat masuk ke plasenta, menginfeksi hingga akhirnya meracuni darah. 

5. Mencicipi adonan kue

Sebenarnya tak ada masalah dengan kue atau biskuit. Tapi mencicipi adonannya bisa saja bermasalah. Mungkin saja akan terinfeksi salmonella.

6. Minuman dengan tambahan telur

Minuman itu menggunakan telur mentah. Telur yang tak dimasak mengandung salmonella. Tentunya, itu tak bagus untuk kesehatan janin. 

Bila ingin mengonsumsinya, masaklah telur di oven atau microwave dengan suhu 160 derajat Celcius.

7. Es krim

Bila ingin memakan es krim dengan tambahan telur, pastikan telurnya sudah matang.

8. Kopi berkafein

Perempuan hamil sebaiknya tak mengonsumsi kopi yang mengandung 200 Mg kafein. Sebab, itu dapat meningkatkan risiko keguguran.

Bahkan setelah melahirkan, para ibu sebaiknya menghindari mengonsumsi kopi dengan banyak kafein. Karena itu berpengaruh pada produksi air susu ibu.



Demikian info dari kami semoga bermanfaat bagi anda.

Terima Kasih                Bom-Bom-Car    ( ^.^ )

Leave a Reply