100 KATA MUTIARA DAN PESAN terhebat NABI MUHAMMAD S.A.W.


100 PESAN DAN  Kata Mutiara Nabi Muhammad S.a.w.


Muhammad bin ‘Abdullāh atau Nabi. Muhammad SAW adalah pembawa ajaran Islam, dan diyakini oleh umat Muslim sebagai nabi Allah (Rasul) yang terakhir. Menurut biografi tradisional Muslimnya, ia lahir diperkirakan sekitar 20 April 570/ 571, di Mekkah dan wafat pada 8 Juni 632 di Madinah. 
Kedua kota tersebut terletak di daerah Hejaz atau Arab Saudi saat ini. Michael H. Hart, dalam bukunya The 100, menetapkan Muhammad sebagai tokoh paling berpengaruh sepanjang sejarah manusia. Menurut Hart, Muhammad adalah satu-satunya orang yang berhasil meraih keberhasilan luar 

biasa baik dalam hal agama maupun hal duniawi. Dia memimpin bangsa yang awalnya terbelakang dan terpecah belah, menjadi bangsa maju yang bahkan sanggup mengalahkan pasukan Romawi di medan pertempuran.

Muhammad” dalam bahasa Arab berarti “dia yang terpuji”. Muslim mempercayai bahwa ajaran Islam yang dibawa oleh Muhammad adalah penyempurnaan dari agama-agama yang dibawa oleh nabi-nabi sebelumnya. Selain itu di dalam Al-Qur’an, Surah As-Saff (QS 61:6) menyebut Muhammad dengan nama “Ahmad”, yang dalam bahasa Arab juga berarti “terpuji”.

Sebelum masa kenabian, Muhammad mendapatkan dua julukan dari para kaum Quraisy yaitu Al-Amin yang artinya “orang yang dapat dipercaya” dan As-Saadiq yang artinya “yang benar”. Setelah masa kenabian para sahabatnya memanggilnya dengan gelar Rasul Allāh, kemudian menambahkan kalimat Shalallaahu ‘Alayhi Wasallam yang berarti “semoga Allah memberi kebahagiaan dan keselamatan kepadanya”; sering disingkat “S.A.W” atau “SAW”) setelah namanya. Kemudian Muhammad mendapatkan julukan Abu al-Qasim yang berarti “bapak Qasim”, karena Muhammad pernah memiliki anak lelaki yang bernama Qasim, tetapi ia meninggal dunia sebelum mencapai usia dewasa.

Kata Mutiara dan Pesan Moral Terhebat Nabi Muhammad SAW

1. Orang yang kuat bukanlah yang pandai bergulat, namun orang yang kuat adalah orang yang  memiliki  jiwanya ketika marah.” (HR. Bukhari).

2. Barang siapa yang bersabar atas kesulitan dan himpitan kehidupannya, maka aku akan menjadi saksi atau  pemberi syafaat baginya pada hari kiamat. (HR. Tirmidzi).

3. Sungguh menakjubkan urusan orang beriman! Sesungguhnya semua urusannya baik. Dan yang demikian  tidak dapat dirasakan oleh siapapun selain orang beriman.Jika ia memperoleh kebahagiaan, maka ia  bersyukur. Bersyukur itu baik baginya.Dan jika ia ditimpa mudharat,  maka ia bersabar.Dan bersabar itu  baik baginya. (HR. Muslim).

4. Hendaklah kalian bersikap jujur, karena kejujuran itu akan membawa pada kebaikan,  sedangkan  kebaikan akan membawa kepada surga. Tidaklah seorang bersikap jujur & selalu  berbuat jujur hingga ia  ditulis di sisi Allah sebagai orang yg jujur.Dan hendaklah kalian  menjauhi sikap dusta, karena kedustaan tu akan membawa pada kekejian, sedangkan kekejian  akan membawa kepada neraka. Dan tidaklah  seorang berbuat dusta & selalu berdusta hingga  ia ditulis di sisi Allah sebagai seorang pendusta.
(HR. Bukhari).

5. Katakanlah yang sebenarnya (haq) walau pahit sekalipun.” (HR Ibnu Hibban).

6. Barangsiapa yang menipu maka tidaklah ia termasuk golonganku.”(HR. Muslim: 102).

7.  Jual beli (bisnis) yang mabrur (sesuai syariat dan tidak mengandung unsur tipuan dan dosa) dan pekerjaan  yang dilakukan seseorang dengan kedua tangannya.” (HR. Ahmad).

8.  Penjual dan pembeli keduanya bebas memilih selagi keduanya belum berpisah.Maka jika keduanya jujur  dan saling menjelaskan dengan benar, maka akan diberkahi pada bisnis keduanya.Namun jika menyembunyikan cacat dan dusta,maka terhapuslah keberkahan jua beli tersebut.(HR. Bukhari – Muslim).

9.  Semoga Allah mengasihi seseorang yang mudah (bermurah hati) apabila menjual, mudah 
( murah  hati ) apabila membeli dan mudah (murah hati) apabila menagih hutang.
(HR. al-Bukhari 2076).

10. Seorang pebisnis yang jujur lagi amanah, maka ia akan bersama para nabi,shiddiqin dan syuhada. ( HR. Tarirmidzi).

11. Simpanlah sebagian dari hartamu untuk kebaikan masa depan kamu, karena itu jauh lebih  baik bagimu.(HR. Bukhari).

12. Harta itu hijau lagi manis,maka barangsiapa yang mencarinya untuk kedermawanan dirinya maka harta  itu akan memberkahinya.Namun barangsiapa yang mencarinya untuk keserakahan (ambisius, tamak) maka harta itu tidak akan memberkahinya,seperti  orang yang makan namun tidak kenyang.” 
(HR. Bukhari).

13. Kekayaan (yang hakiki) bukanlah dengan banyaknya harta. Namun kekayaan (yang hakiki) adalah hati  yang selalu merasa cukup.” (HR. Bukhari Muslim).

14. Setiap persendian manusia wajib bersedekah pada setiap hari di mana matahari terbit di dalamnya: engkau berlaku adil kepada dua orang (yang bertikai/berselisih) adalah sedekah, engkau membantu seseorang menaikannya ke atasnya hewan tunggangannya atau engkau menaikkan barang bawaannya ke atas hewan tunggangannya adalah sedekah, ucapan yang  baik adalah sedekah, setiap langkah yang  engkau jalankan menuju (ke masjid) untuk shalat  adalah sedekah, dan engkau menyingkirkan gangguan dari jalan adalah sedekah.
 (HR. Bukhari dan Muslim).


15. Aku datang kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam, dan beliau sedang membaca ALHAAKUMUT  TAKAATSUR, lalu beliau bersabda :”Anak Adam (Manusia) berkata ’Hartaku, hartaku.’Kemudian Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam berkata lagi:’Wahai anak Adam tidaklah ada dari hartamu kecuali yang engkau makan kemudian lenyap, atau (pakaian)  yang engkau pakai kemudian usang, atau yang engkau shadaqahkan dan jadi simpananmu 
(di akhirat)” (H.R Muslim 2958).

16. Tidak sempurna iman salah seorang kalian, sehingga ia mencintai kepada saudaranya apa  yang ia cintai bagi dirinya.”. (H.R. Al-Bukhari)Dari Sahl bin Sa’ad radhiallahu ‘anhu dia berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam  bersabda: Aku dan orang yang menanggung anak yatim (kedudukannya) di surga seperti ini,kemudian beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam mengisyaratkan jari telunjuk dan jari tengah beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam,serta agak merenggangkan keduanya.

17. Sebaik-baik rumah tangga muslim ialah yang di dalamnya ada anak yatim yang dilayani dengan baik (H.R. Ibnu Majah).

18. Aisyah radhiyallahu ‘anha berkata:Rasulullah shallallau ‘alaihi wasallam berasabda: Sebaik-baik kalian adalah (suami) yang paling baik terhadap keluarganya dan aku adalah yang paling baik terhadap keluargaku. (Hadits riwayat Tirmidzi dan dishahihkan oleh al-Albani di dalam Ash Shahihah (no. 285).

19. Dinar yang paling utama yang dibelanjakan seseorang adalah dinar yang ia belanjakan untuk keluarganya,dinar yang ia belanjakan untuk kendaraannya di jalan Allah, dan dinar yang ia infakkan untuk rekan-rekannya (yang tengah berjuang) di jalan Allah.” (HR. Muslim).

20. Dari Abu Abdurrahman bin Mas’ud ra., ia berkata :Saya bertanya kepada Nabi saw. :Amal   apakah yang paling disukai oleh Allah Ta’ala ?” Beliau menjawab :Salat pada waktunya.Saya bertanya lagi : Kemudian apa ?” Beliau menjawab : Berbuat baik kepada kedua orang  tua.Saya bertanya lagi : Kemudian apa ? Beliau menjawab : Berjihad (berjuang) di jalan  Allah.
(HR. Bukhari dan Muslim).

21. Seorang mukmin bukanlah orang yang suka mencela dan melaknat; bukan orang yang keji, dan bukan  orang yang buruk perkataannya
(HR. Tirmidzi ia berkata Hadits ini hasan shahih”).

22. Sesungguhnya Allah mewahyukan kepadaku agar kalian bersikap rendah hati hingga tak seorangpun yang bangga atas yang lain dan tidak ada yang berbuat aniaya terhadap yang lain” (HR Muslim 2853).

23. Orang yang mempunyai sifat sombong sedikit saja di dalam hatinya tidak akan masuk surga.”  Seseorang berkata, Bagaimana halnya ihwal seseorang yang mempunyai pakaian-pakaian  yang indah dan sepatu- sepatu yang indah?” Rasulullah saw bersabda, “Allah itu indah dan Allah menyukai keindahan (Seseorang tidak disebut sombong jika ia mempercantik dirinya). Kesombongan terletak pada penolakan terhadap kebenaran dan memandang orang lain rendah.” (H.R. Muslim).

24. Jauhilah dengki,karena dengki memakan amal kebaikan sebagaimana api memakan kayu  bakar.

25. Yang terbaik di antara kalian adalah mereka yang berakhlak paling mulia.

26. Allah tidak melihat bentuk rupa dan harta benda kalian,tapi Dia melihat hati dan amal kalian.

27. Perbanyaklah kamu mengingat mati,karena hal itu bisa membersihkan dosa dan menyebabkan zuhud atau tidak cinta kepada dunia.

28. Ada dua hal tidak tertandingi kejelekannya,yaitu:Berbuat syirik dan membuat rugi umat  Islam.Begitu pula,terdapat dua perkara yang tidak tertandingi kebaikannya,ialah :Beriman kepada Allah,serta memberi manfaat kepada umat Islam.

29. Yang terbaik di antara kalian adalah mereka yang berakhlak paling mulia.

30. Makanlah Sebelum Lapar dan Berhentilah Sebelum Kenyang.

31. Tiga sifat manusia yang merusak adalah,kikir yang dituruti,hawa nafsu yang diikuti, serta sifat mengagumi diri sendiri yang berlebihan.

32. Pahlawan bukanlah orang yang berani meletakkan pedangnya ke pundak lawan,tetapi  pahlawan sebenarnya ialah orang yang sanggup menguasai dirinya dikala ia marah.

33. Allah tidak melihat bentuk rupa dan harta benda kalian, tapi Dia melihat hati dan amal kalian.

34. Cinta kepada Allah adalah puncaknya cinta.Lembahnya cinta adalah cinta kepada sesama.

35. Keluhuran budi pekerti akan tampak pada ucapan dan tindakan.

36. Orang yang berjiwa besar teguh pendiriannya,tetapi tidak keras kepala.

37. Ulurkan cintamu karena Tuhanmu dan tariklah cintamu karena Tuhanmu, anda tentu tak akan kecewa.

38. Cinta indah seperti bertepuk dua tangan, tak akan indah jika hanya sebelah saja.

39. Naluri berbicara kita akan mencintai yang memuja kita,tetapi tidak selalu mencintai yang kita puja.

40. Seseorang yang oprimis akan melihat adanya kesempatan dalam setiap malapetaka, sedangkan orang  pesimis melihat malapetaka dalam setiap kesempatan.

41. Ingatlah, boleh jadi manusia itu mencintai sesuatu yang membahayakan dirinya atau membenci sesuatu yang bermanfaat baginya.Mohonlah petunjuk-Nya.

42. Sahabat yang sejati adalah orang yang dapat berkata benar kepada anda,bukan orang yang hanya membenarkan kata-kata anda.

43. Bekerja atas dorongan cinta akan terasa senang tiada jemu dan lelah.

45. Orang besar menempuh jalan kearah tujuan melalui rintangan dan kesukaran yang hebat.

46. Berbuat baiklah kepada orang lain seperti berbuat baik kepada diri sendiri.

47. Orang besar bukan orang yang otaknya sempurna tetapi orang yang mengambil sebaik- baiknya dari otak yang tidak sempurna.

48. Jika seseorang tidak mencintai anda janganlah dia anda benci,karena mungkin akan tumbuh benih cinta kembali.

49. Bukan kecerdasan anda, melainkan sikap andalah yang yang akan mengangkat anda dalam  kehidupan.

50. Jika rasa cinta terbalas,maka bersyukurlah karena Allah telah memberikan hidup lebih berharga dengan belas Kasih-Nya.

51. Dalam perkataan, tidak mengapa anda merendahkan diri,tetapi dalam aktivitas tunjukkan  kemampuan  Anda.

52. Sifat orang yang berlilmu tinggi adalah merendahkan hati kepada manusia dan takut kepada Tuhan.

53. Jauhilah dengki,karena dengki memakan amal kebaikan sebagaimana api memakan kayu bakar.

54. Tiga sifat manusia yang merusak adalah, kikir yang dituruti, hawa nafsu yang diikuti, serta sifat  mengagumi diri sendiri yang berlebihan.

55. Allah tidak melihat bentuk rupa dan harta benda kalian, tapi Dia melihat hati dan amal kalian.

56. Cinta kepada Allah adalah puncaknya cinta. Lembahnya cinta adalah cinta kepada sesama.

57. Demi Allah yang jiwaku berada di tangan-Nya,seseorang tidak beriman hingga ia mencintai saudaranya sebagaimana ia mencintai dirinya sendiri


58. Tiga sifat manusia yang merusak adalah : kikir yang dituruti, hawa nafsu yang diikuti,serta sifat engagumi diri sendiri yang berlebihan

59. Pahlawan bukanlah orang yang berani menetakkan pedangnya ke pundak lawan, tetapi pahlawan sebenarnya ialah orang yang sanggup menguasai dirinya dikala ia marah.

60. Yang terbaik di antara kalian adalah mereka yang berakhlak paling mulia.

61. Jauhilah dengki, karena dengki memakan amal kebaikan sebagaimana api memakan kayu bakar.

62. Allah tidak melihat bentuk rupa dan harta benda kalian, tapi Dia melihat hati dan amal kalian.

63. Amal yang paling dicintai oleh Allah adalah yang terus menerus meski hanya sedikit.

64. Wahai Sayyidina Ali! Ketahuilah olehmu bahwa ada dua golongan yang celaka di hadapanmu. Pertama yaitu yang terlalu cinta kepadamu.Dan kedua yang terlalu benci kepadamu.

65. Lihatlah orang-orang yang dibawahmu dalam usrusan harta dunia, dan jangan sekali-kali melihat yang berada di atasmu, supaya kamu tidak meremehkan karunia Allah yang diberikan kepadamu.

66. Jangan sekali-kali kamu menganggap remeh kebajikan meski kelihatannya tidak berharga,  yaitu seperti  ketika kamu menyambut temanmu dengan menampakkan wajah berseri-seri. 
 (Nabi Muhammad).

67.  Orang dermawan dekat kepada Allah, dekat pada rahmat-Nya, serta selamat dari siksa-Nya.  Sedang orang kikir, jauh dari Allah, jauh dari rahmat-Nya dan dekat sekali kepada siksa-Nya.

68. Tanda tanda orang yang celaka antara lain: Bergairah dalam mengerjakan perbuatan-  perbuatan haram, menjauhi nasihat.

69. Hidup didunia hanya merupakan tempat tinggal sementara untuk melanjutkan perjalanan nan    jauh menuju  keabadian.

70. Ya Allah! Seandainya Engkau akan mengadili kelak pada hari kiamat, maka jangan Kau adili   aku di  dekat Cintai dan sayangilah para fakir miskin, maka Allah akan menyayangimu.

71. Perbanyaklah kamu mengingat mati, karena hal itu bisa membersihkan dosa dan menyebabkan zuhud  atau tidak cinta kepada dunia.

72. Ada dua hal tidak tertandingi kejelekannya, yaitu: Berbuat syirik dan membuat rugi umat   Islam.Begitu pula,terdapat dua perkara yang tidak tertandingi kebaikannya, ialah :Beriman kepada Allah,serta memberi manfaat kepada umat Islam.

73. Keluhuran budi pekerti akan tampak pada ucapan dan tindakan.

74. Orang yang berjiwa besar teguh pendiriannya,tetapi tidak keras kepala.

75. Ulurkan cintamu karena Tuhanmu dan tariklah cintamu karena Tuhanmu,dan tentu tak akan kecewa.

76. Cinta indah seperti bertepuk dua tangan, tak akan indah jika hanya sebelah saja.
77. Naluri berbicara kita akan mencintai yang memuja kita, tetapi tidak selalu mencintai yang kita puja.

78. Seseorang yang oprimis akan melihat adanya kesempatan dalam setiap malapeta sedangkan orang pesimis melihat malapetaka dalam setiap kesempatan.

 79.  Ingatlah, boleh jadi manusia itu mencintai sesuatu yang membahayakan dirinya atau membenci sesuatu  yang bermanfaat baginya. Mohonlah petunjuk-Nya.

80. Sahabat yang sejati adalah orang yang dapat berkata benar kepada anda, bukan orang yang hanya  membenarkan kata-kata anda.

81. Bekerja atas dorongan cinta akan terasa senang tiada jemu dan lelah.

82. Orang besar menempuh jalan kearah tujuan melalui rintangan dan kesukaran yang hebat.

83. Berbuat baiklah kepada orang lain seperti berbuat baik kepada diri sendiri.

84. Orang besar bukan orang yang otaknya sempurna tetapi orang yang mengambil sebaik- baiknya dari otak  yang tidak sempurna.

85. Jika seseorang tidak mencintai anda janganlah dia anda benci, karena mungkin akan tumbuh benih cinta kembali. 

86. Bukan kecerdasan anda, melainkan sikap andalah yang yang akan mengangkat anda dalam kehidupan.
Jika rasa cinta terbalas, maka bersyukurlah karena Allah telah memberikan hidup lebih  berharga dengan belas Kasih-Nya.

87. Dalam perkataan, tidak mengapa anda merendahkan diri, tetapi dalam aktivitas tunjukkan kemampuan Anda.

88. Lihatlah orang-orang yang dibawahmu dalam urusan harta dunia, dan jangan sekali-kal  melihat yang  berada di atasmu, supaya kamu tidak meremehkan karunia Allah yang  diberikan kepadamu.

89. Jangan sekali-kali kamu menganggap remeh kebajikan meski kelihatannya tidak berharga, yaitu seperti  ketika kamu menyambut temanmu dengan menampakkan wajah berseri-seri.

90. Orang dermawan dekat kepada Allah, dekat pada rahmat-Nya, serta selamat dari siksa-Nya. Sedang  orang kikir, jauh dari Allah, jauh dari rahmat-Nya dan dekat sekali kepada siksa-Nya.

91. Tanda tanda orang yang celaka antara lain: Bergairah dalam mengerjakan perbuatan- 
perbuatan haram, menjauhi nasihat ulama dan selalu menyendiri jika mengerjakan shalat.

92. Hidup didunia hanya merupakan tempat tinggal sementara untuk melanjutkan perjalanan nan   jauh menuju  keabadian.

93. Cintai dan sayangilah para fakir miskin, maka Allah akan menyayangimu.

94. Demi Allah yang jiwaku berada di tangan-Nya, seseorang tidak beriman hingga ia mencintai saudaranya  sebagaimana ia mencintai dirinya sendiri.

Demikinlah Info dari kami tentang katakata Mutiara.
 Terima Kasih telah berkunjung di Blog kami...

                                 Bom-Bom-Car    ( ^.^ )

One Response so far.

  1. Amak says:

    Saya cadangkan sekiranya tidak ada sumber hadis, maka kata-kata yang dikatakan adalah datang dari Nabi Muhammad SAW ini di padamkan.

Leave a Reply